Cara Memilih Earphone

Pada zaman ini earphone sudah menjadi barang yang cukup umum. Contohnya banyak kita lihat orang-orang menggunakan earphone pada saat bepergian jalan-jalan ke kantor atau kuliah dengan menggunakan kendaraan. Bahkan beberapa perangkat elektronik seperti smartphone juga memberikan earphone di setiap kemasan produk mereka. Di sini gua mencoba memberikan saran-saran singkat gimana sih cara memilih earphone buat kamu-kamu yang mau memulai audio.

 

Dilihat dari jenis atau tipenya
Ada dua jenis untuk earphone yaitu:

Ear-budsiem0005Dilihat dari bentuknya jenis ini berbentuk lingkaran hampir seperti earphone-earphone yang dapat dari bawaan smartphone (headset). Ear-buds ini cenderung suaranya agak bocor atau tudak terlalu kedap, suara-suara yang dari luar telinga kita masih bisa terdengar

In-eariem0001Jenis ini memiliki eartips khusus yang biasanya terbuat dari silikon yang masuk ke dalam telinga kita. Silikon tersebut akan memvakum telika kita menjadi lebih kedap agar suara-suara dari luar tidak tercampur aduk dengan musik yang kita dengar.

 

Menurut fungsinya
Earphone bisa di fungsikan menjadi tiga kategori ; untuk stage monitoring, olahraga dan penikmat musik.

Stage Monitoring (Monitoring Panggung)Untuk monitoring lebih banyak berbentuk in-ear agar lebih kedap dan terdapat ear-hook agar tidak mudah jatuh pada saat sedang perform di panggung. Dari segi suara cenderung lebih ke arah flat. Contoh seperti Shure atau Audio Technica.

OlahragaMasih cukup banyak customer yang menanyakan tentang ini, apa bedanya earphone untuk sport dan yang biasa? Gua jawab paling gampang untuk sport setidaknya sudah memiliki teknologi anti keringat, jadi pada kita berkeringat dan keringat kita tidak langsung merusak driver atau speaker earphone tersebut. Dan dari segi durability juga biasanya lebih kuat.

Music listeningDi jenis ini banyak sekali pilihan dari jenis ear-buds atau in-ear, yang modelnya over-ear atau biasa, dengan karakter suara yang dominan bass atau trable, yang warm atau bright.

1 thought on “Cara Memilih Earphone”

  1. Mas mau tanya.. untuk range harga 1 – 2 juta, recommended untuk music listening saat ini apa ya?
    saya mantan pengguna Shure 215, yang ilang saat di pesawat ..hikss #curhat
    Cukup puas sih.. cuma apa ada yg lebih bagus dari itu.. mohon masukannya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *